Tips Quality Time Bersama Anak Bagi Orangtua Bekerja

07 Mar 2019

52 % ibu dan 46% ayah merasa kesulitan menyeimbangkan waktu bekerja dan keluarga

 

Ternyata kita tidak sendiri ya, Bubu. Mayoritas ibu bekerja memang merasa kesulitan dalam menyeimbangkan waktu bekerja dan keluarga. Rasanya 24 jam dalam sehari itu tidak cukup untuk melakukan sekaligus kegiatan bekerja, mengurus rumah, dan punya quality time bersama keluarga. Oh nooo..

 

Tapi mau tidak mau, waktu tidak bisa ditambah atau dikurangi, jadi, yuk kita coba siasati, apa saja sih hal yang bisa kita lakukan untuk memaksimalkan waktu yang ada dan menjadikannya waktu yang berkualitas untuk keluarga kita. Berikut ada beberapa tips yang dapat dilakukan oleh Bubu:

 

1.      Plan ahead.

Agar kita memiliki waktu yang cukup untuk bermain dan bercengkrama dengan anak dan suami di sela-sela kesibukan, ada baiknya Bubu memiliki rencana atau jadwal kegiatan harian yang sudah dirancang di awal minggu. Misalnya, sudah ada waktu belanja bulanan dan mingguan, jadwal masak untuk 1 minggu ke depan, dan sebagainya. Sehingga kita tidak menghabiskan 15 menit di pagi hari untuk memikirkan “hari ini anak-anak akan makan apa yaaa di rumah”.

                    

2.      Tinggalkan pekerjaan kantor di kantor.

Usahakan untuk meninggalkan segala pikiran dan pekerjaan di kantor. Sehingga ketika sampai di rumah Bubu sudah benar-benar siap untuk bermain dengan anak atau sekedar bersantai bersama-sama. Rasanya akan tidak nyaman ketika sudah sampai di rumah, tapi ternyata masih harus membalas email atau ada dokumen yang perlu di selesaikan. Anak-anak akan merasa bahwa Bubu terlalu banyak bekerja di hari itu. Apabila sedang bersama keluarga dan ternyata ada tugas mendadak dan urgent untuk dilakukan, jangan lupa untuk meminta waktu sejenak untuk fokus ke pekerjaan hingga selesai, baru kemudian kembali bermain bersama anak-anak dan suami.

 

3.      Jauhkan gadget.

Ketika bermain dengan anak, usahakan untuk menjauhkan gadget dari pandangan ataupun genggaman Bubu. Sehingga kita tidak tergoda untuk membuka social media ataupun membaca pesan-pesan yang masuk. Fokuskan benar perhatian Bubu pada kegiatan yang sedang dilakukan ketika itu. Apabila perlu membuka handphone, usahakan meminta izin pada anak dan lakukan secepat mungkin.

 

4.     Buatlah rutinitas.

Rutinitas membantu orang tua maupun anak untuk tahu kapan waktu yang memang diluangkan untuk berinteraksi dengan keluarga. Sehingga baik anak maupun orang tua sudah mempersiapkan diri untuk benar-benar memusatkan energi dan perhatiannya pada kegiatan yang akan dilakukan bersama.

 

Jadi tetap semangat ya Bubu! Semoga tips tadi dapat membantu kita agar dapat lebih tenang bekerja dan juga tetap memiliki quality time bersama anak dan keluarga dengan lebih menyenangkan.

 

 

Oleh: Binky Paramitha I., M.Psi., Psi.

(Psikolog Pendidikan)