Persiapan MPASI yang Menyenangkan

18 Sep 2019

Tahukah Bubu ketika bayi memasuki usia 6 bulan kebutuhan nutrisinya tidak dapat terpenuhi oleh ASI saja? Bubu dapat mulai memberikan Makanan Pendamping ASI atau dikenal dengan MPASI. 

Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia, MPASI tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tetapi juga sebagai proses belajar makan untuk melatih ketrampilan dan kebiasaan makan yang sehat. Selain itu, proses pemberian MPASI dapat dijadikan momen untuk membangun interaksi antara orangtua dan anak. 

Proses belajar makan saat MPASI dilakukan bertahap secara jenis, jumlah, dan frekuensinya. Namanya belajar maka Bubu juga perlu memiliki ekspektansi bahwa proses belajar makan akan dilakukan sedikit demi sedikit, berantakan, dan perlu ada persiapan. Berikut hal-hal yang dapat Bubu persiapkan untuk menghadapi masa MPASI si kecil:

 

1. Fokus pada apa yang dirasakan, bukan yang ditelan

Anak yang diberikan kaya pengalaman terhadap berbagai rasa, maka akan lebih mudah beradaptasi dengan rasa-rasa yang baru ke depannya dan menikmati makanan (Birch, 2008). 

Terbayang saat anak mencoba rasa yang baru, pasti tidak semua makanan akan ditelan sehingga anak hanya mengicip. Jika ingin kenalkan makanan baru, Bubu dapat mencoba 10-15 kali dengan kombinasi makanan favorit si Kecil. Nah, di awal MPASI maka Bubu dapat mencoba terlebih dahulu memberikan makanan dengan tekstur lembut seperti bubur bayi atau gasol. 

Gasol merupakan tepung organik yang bisa diolah menjadi bubur untuk anak usia 6 bulan ke atas. Tepung beras hitam ini dibuat dari 100 % bahan alami yang memiliki kandungan terbaik untuk pertumbuhan si kecil, tanpa tambahan pewarna, pemanis, perasa, atau pengawet, sehingga sangat aman untuk dikonsumsi si kecil sebagai awal memulai MPASI.

Buat Bubu yang penasaran ingin memberikan Gasol untuk ke kecil, klik di sini untuk membelinya.

 

2. Observasi saat proses MPASI Berkomunikasi dengan positif 

Bubu dapat melihat kapan jam anak merasa lapar, tekstur dan rasa seperti apa yang anak suka, dan lainnya. Sabar merupakan kunci utama ya Bubu Jika anak tidak habis makannya maka dicoba lagi di waktu yang lain dan batasi waktu makan 30 menit, habis tidak habis. 

Jangan lupa, Bubu perlu membuat suasana makan dengan lebih tenang dan meminimalisir distraksi ya. Hal ini cukup membantu anak untuk fokus pada makanan yang diberikan dan merasakan seluruh proses makannya. 

 

3. Biarkan anak eksplorasi dengan makanannya

Terkadang gemas ya melihat anak yang memainkan makanannya? Makanan bisa berceceran dan area makan pun jadi berantakan saat MPASI. Potock (2016) mengatakan anak dilahirkan untuk eksplorasi dengan tangan dan mulutnya sehingga mereka belajar lingkungannya melalui memegang, meremas, mengenal tekstur baru dengan jemari dan tangannya, termasuk saat belajar makan. 

Maka dari itu, Bubu dapat memfasilitasi eksplorasi si Kecil dengan mendudukinya di tempat makan yang nyaman dan pasangkan celemek di leher, serta alas plastik di lantai. 

Berikan perlengkapan yang tepat untuk mendukung proses ini seperti apron dan baby chair. 

 

4. Ciptakan suasana makan yang menyenangkan

Makan bersama keluarga akan membantu si Kecil untuk mempelajari proses makan MPASI dari sekelilingnya. Sajikan makanan dengan menarik misalnya dengan menggunakan peralatan makan yang berwarna, variasi warna makanan yang beragam, serta berikan bentuk-bentuk makanan yang menarik. KLIK DI SINI UNTUK CEK ALAT MAKAN YANG MENARIK AGAR SI KECIL MAKIN SEMANGAT MAKAN.

 

5. Gunakan sumber informasi yang terpercaya

Carilah informasi yang valid dan terpercaya terhadap info pemberian MPASI meskipun melalui media sosial atau internet. Selain itu, Bubu juga dapat memilih untuk berkonsultasi dengan ahli gizi supaya dapat memantau pemenuhan nutrisi si Kecil.  Buku-buku mengenai resep MPASI juga dapat membantu memberikan ide lho mengenai makanan apa yang dapat Bubu siapkan untuk keberhasilan MPASI si Kecil. 

Saat memasuki periode MPASI, tidak hanya anak yang belajar makan tetapi juga Bubu dan Paksu. Pada dasarnya yang namanya belajar mulailah dari hal yang sederhana, sedikit demi sedikit, dan teruslah berusaha. Buatlah proses makan yang senyaman mungkin supaya anak merasa senang dengan proses makan. Selamat menikmati proses pemberian MPASI!

 

Oleh: Carmelia Riyadhni, S.Psi

Expert Sahabat Ibu Pintar