Menyiapkan Roadtrip Besama Si Kecil

28 Dec 2018

Pernahkah BuBu berencana liburan keluarga dengan mobil alias roadtrip? Pasti banyak sekali pertimbangan yang dilakukan jika akan melakukan roadtrip. Tapi, jika persiapann dilakukan secara matang, perjalanan pasti akan jadi pengalaman keluarga yang menyenangkan!

Dengan roadtrip biasanya keluarga dapat berhenti dengan tiba-tiba di tengah jalan, sekedar untuk turun main ke pantai, melihat sawah, atau perkebunan yang dilewati. Hal ini mengasah anak untuk berimajinasi dan bermain dengan hal-hal baru yang ditemukannya saat di jalan. Saat anak bahagia dengan waktu berkualitas bersama keluarga maka mereka akan tumbuh sebagai anak yang mudah beradaptasi (Fernandez, 2012).

Apa aja sih yang perlu disiapkan sebelum melakukan roadtrip? Simak yuk!

 

1. Cuti panjang dan masa izin sekolah anak

Roadtrip cukup memakan waktu lama sekitar 5-7 hari atau bahkan lebih tergantung tujuan perjalanan. Bagi orang tua yang tidak terbiasa menyetir jarak jauh maka memerlukan waktu lebih lama untuk beristirahat saat roadtrip berlangsung maupun sesudahnya. Begitu pula dengan anak, pastikan mereka memiliki waktu istirahat pasca roadtrip untuk membiasakan diri lagi sebelum kembali ke rutinitas. Tambahkan juga 1-2 hari masa istirahat pasca roadtrip yaa!

 

2. Siapkan makanan dan minuman sepanjang perjalanan

Makanan dan minuman yang cukup dapat membuat perjalanan mulus saat mendadak lapar dan haus dan jalan.

 

3. Persiapkan diri untuk halangan di jalan

Siapkan obat-obatan, uang tunai cadangan, dan pastikan kondisi mobil sudah prima dari bengkel sebelum perjalanan dimulai.

 

4. Persiapkan mainan untuk perjalanan

Nah, saat roadtrip dapat menjadi waktu no-screen time untuk anak. Maka BuBu siapkan permainan keluarga bersama anak, misalnya ide untuk menghitung berapa banyak bus lewat, bermain tebak-tebakan, atau membawakan busy books untuk di jalan, dan lainnya. Melalui roadtrip anak pun dilatih untuk mencari cara sendiri untuk melepas kebosanan selama di jalan.

 

Melakukan liburan keluarga dengan roadtrip menjadi hal yang perlu dicoba. Waktu di jalan memang lebih lama, tapi kesempatan ini bisa jadi momentum orang tua dan anak memahami satu sama lain saat di luar rumah. 

Tunggu apalagi, BuBu.. Atur roadtrip bersama keluarga yuk!