Hal yang Bisa Dipelajari Si Kecil dari Aktivitas Memasak

02 Apr 2019

Jika Bubu seringkali bertanya kira-kira permainan apa yang dapat dilakukan bersama anak, sebenarnya kegiatan memasak dapat menjadi jawabannya. Melalui kegiatan memasak, ada banyak sekali hal yang dapat dipelajari anak, mulai dari persiapan alat-alat memasak, membuat perencanaan, proses pengolahan bahan masakan, hingga cara menghidangkan makanan. Tapi, hal apa sih yang bisa dipelajari dari aktivitas masak? Simak artikel di bawah ini yuk!

 

  1. Anak belajar untuk hidup sehat

Dengan memasak maka anak belajar bahan masakan apa yang diperlukan. Hal ini dapat digunakan Bubu untuk memperkenalkan pentingnya karbohidrat, protein, vitamin, serta kalsium bagi kesehatan anak. Anak pun semakin paham nutrisi yang ada dalam bahan makanan sehari-hari.

  1. Memasak melatih kemampuan matematika pada anak

Jika anak masih balita, kegiatan memasak dapat menjadi alternatif untuk belajar berhitung sederhana misalnya berhitung berapa sendok gula yang diperlukan, hitung telur yang sudah dipersiapkan Bubu, dan lainnya. Seiring anak besar, Bubu dapat mengasah kemampuan matematikanya lebih kompleks dengan mengajak mengukur dengan menimbang bahan makanan hingga melakukan perencanaan dalam memasak.

  1. Kesempatan untuk stimulasi sensori

Saat proses memasak akan melibatkan kemampuan indera anak, baik penciuman, pengecap, hingga sistem indera propioseptifnya. Bubu dapat menanyakan kepada anak bagaimana rasa garam, apa yang dirasakan saat menyentuh tekstur tepung, atau bagaimana bau kayu manis. Semakin banyak sensori yang dikembangkan maka semakin meningkat pula pemahaman anak.

  1. Meningkatkan kualitas hubungan antara Bubu dan anak

Keterlibatan Bubu dalam aktivitas memasak bersama anak dapat mengasah pola komunikasi dua arah sehingga membantu untuk meningkatkan kualitas hubungan Bubu dengan anak. Selama proses memasak pun, Bubu dapat observasi kesulitan apa yang dirasakan saat anak memasak atau bahkan melihat hal-hal apa yang paling anak senangi dan tidak dari sebuah masakan.

 

Wah, proses memasak memang kaya akan manfaat ya. Akan tetapi, Bubu terkadang menjadi enggan mengajak anak memasak karena merasa dirinya kurang pintar memasak. Padahal ada beberapa menu masakan sederhana yang dapat dilakukan bersama anak, misalnya membuat menu pudding, memasak pancake instan, atau masakan sederhana seperti telur dadar. Menu sederhana ini dapat dicari yang sesuai dengan kemampuan usia anak. Yang paling penting adalah jangan lupa memasukkan bumbu utama dalam memasak yakni bersenang-senang.

 

Bubu udah mau mulai masak bareng si kecil? Biar makin happy, yuk intip rekomendasi perlengkapan masak yang menggemaskan ini!

 

Oh iya, pilihan aktivitas memasak bagi anak di luar rumah pun saat ini cukup beragam. Berikut kegiatan yang dapat menjadi pilihan:

 

  1. Restoran Pizza

Bubu dapat mencari beberapa restoran pizza yang mengajak anak untuk terlibat dalam proses pembuatannya, misalnya Pizza Hut dengan program Pizza Maker atau Pizza Marzano dengan kelas pizza bagi anak.

  1. Memasak dengan Kekoci

Bagi Bubu dengan anak usia dini, pilihan kegiatan memasak dengan @kekoci dapat menjadi pilihan. Vendor ini memiliki aktivitas memasak untuk anak usia dini dengan yang masih melibatkan orang tua dalam prosesnya. Kelas-kelasnya dapat diikuti di Rumah Dandelion.

  1. Kelas masak di Young Chefs Academy

Pengalaman langsung merupakan pembelajaran efektif bagi anak. Ketika anak tertarik dengan pekerjaan seorang koki, Bubu dapat melibatkan anak dalam kegiatan memasak di Young Chefs Academy yang memiliki setting dapur mini sehingga menyesuaikan dengan ukuran anak. Kelas ini dapat diikuti oleh anak mulai dari usia 3 tahun hingga lebih besar.

 

Kira-kira menu apa yang ingin Bubu buat bersama si kecil hari ini?

 

Oleh: Carmelia Riyadhni, S.Psi