Duh bawa anak mudik, mau naik apa ya?

07 Jun 2019

Salah satu budaya yang masih sering dijalani oleh masyarakat Indonesia adalah mudik di hari raya. Tak hanya rindu dengan tempat dimana orang tua dibesarkan, tradisi mudik biasanya ingin diturunkan kepada anak untuk mengajarkan membina silaturahmi dalam keluarga. Hingga hari ini masih banyak keluarga melakukan mudik meskipun mudik di hari raya terkenal dengan macet ataupun penuh. Jika Bubu dan Paksu merupakan salah satu keluarga yang menjalani ritual mudik maka Bubu dan Paksu dapat mempertimbangkan jarak tempuh, durasi perjalanan, kondisi fisik keluarga, serta situasi finansial keluarga untuk mempertimbangkan kira-kira moda transportasi apa yang dipilih saat mudik.

 

Jika sudah memutuskan moda tranportasi apa yang akan digunakan, maka inilah tips mudik bersama anak dengan moda transportasi berbeda:

  1. Mudik dengan Pesawat Terbang

  • Beberapa anak dapat merasa tidak nyaman saat pesawat akan lepas landas atau mendarat karena adanya perbedaan tekanan udara. Bubu dapat menyiapkan minum atau air susu untuk anak minum supaya mereka merasa nyaman selama lepas landas atau mendarat.

  • Sebelum berpergian, Bubu dapat bercerita mengenai apa yang harus dilakukan sebelum dan sesudah naik pesawat sehingga anak mendapat gambaran situasi yang akan dihadapinya. Ceritakan kepada anak bahwa mereka perlu melewati skrining keamanan yang bunyinya cukup berisik, antri untuk memasukkan koper, atau pun perlu naik bis bandara untuk sampai ke pesawat yang dituju.

  • Perjalanan udara dengan pesawat memang cepat tetapi BuBu perlu mempertimbangkan keterlambatan kedatangan pesawat ke bandara (delay). Nah jika delay terjadi, mainan dan buku cerita favorit anak bisa jadi penyelamat. BuBu dapat menyiapkan balok susun, boneka miniatur, atau buku cerita interaktif untuk dibawa mudik.

  1. Mudik dengan kereta api

  • Kereta api merupakan salah satu kendaraan favorit anak-anak. Pemandangan luar kereta yang beragam selama perjalanan dapat dijadikan bahan diskusi atau bermain tebak-tebakan bersama anak. Misalnya : “Ayo nak, tunjuk ada berapa pohon yang kamu lewati?” atau “Coba apa ya nama tanaman yang kamu lihat itu? Yang berwarna kuning keemasan”

  • Jumlah penumpang di dalam kereta pada masa mudik sungguh sangat padat dan berisikan beragam penumpang. Ajarkan anak untuk berbicara dan bercanda dengan volume suara yang lebih kecil supaya tidak mengganggu penumpang sekitar. Selain itu, membiasakan anak untuk pergi ke toilet sebelum perjalanan akan cukup membantu Bubu untuk mengurangi kesibukan mengasuh anak selama di kereta.

  • Perjalanan dengan kereta memakan waktu cukup lama. Saat di kereta, berikan sesekali waktu untuk anak bergerak eksplorasi kereta. Hal ini membantu kondisi fisik anak supaya tidak cepat lelah. Pastikan Bubu mendampingi saat anak perlu berjalan-jalan di dalam kereta api yaa..

  1. Mudik dengan mobil

  • Mudik dengan mobil merupakan pilihan moda transportasi yang lebih murah daripada moda transportasi kereta atau pesawat. Namun, mudik dengan mobil membutuhkan waktu yang lebih lama karena biasanya jalanan lebih padat dan macet. Untuk mengantisipasi ini maka Bubu perlu berencana jika harus berhenti di tengah jalan atau pun bermalam di kota tertentu sebelum sampai tujuan.

  • Berikan waktu anak bermain saat berhenti di rest area. Selain untuk merenggangkan kaki dan badan tetapi akan membantu anak untuk melepas penat dengan kemacetan yang terjadi. Penuhi kebutuhan gerak anak dengan berlari, melompat, ataupun bermain bebas lainnya. Pastikan saat anak bermain di rest area tetap dalam pengawasan Bubu

  • Saat Bubu memutuskan untuk mudik dengan mobil, Bubu perlu mempersiapkan diri jika perjalanan dapat lebih lama dari yang diperkirakan. Hal ini akan membantu Bubu untuk meregulasi emosi jika perjalanan tidak sesuai dengan rencana sebelumnya.

Apapun pilihan moda transportasi yang Bubu pilih, pastikan disesuaikan dengan keadaan dan kebutuhan keluarga, apakah lebih nyaman dengan naik pesawat, kereta api atau naik mobil. Jika Bubu melakukan persiapan yang matang sebelum perjalanan, maka anak-anak pun dapat senang menikmati perjalanan bersama keluarga. Semoga momen mudik di hari raya menjadi momen indah anak bersama keluarga ya!  

 

Oleh : Carmelia Riyadhni, S.Psi