Apa Manfaat Liburan Bersama Anak?


Yeay! Masa liburan telah tiba! Jika akan berlibur dengan anak, biasanya pemilihan waktu berlibur keluarga adalah saat anak sudah liburan sekolah, menjelang akhir tahun, atau masa dimana banyak hari kejepit nasional. Karena sebentar lagi menjelang akhir tahun, kira-kira apakah BuBu sudah merencanakan liburan? 

Nah, tahukah BuBu jika liburan bersama keluarga memiliki banyak manfaat? Berikut merupakan manfaat liburan bersama anak:

 

1. Meningkatkan kualitas hubungan dalam keluarga

Penelitian menunjukkan bahwa liburan bersama anak dapat mempererat hubungan antar keluarga dan memperbaiki pola komunikasi dalam keluarga (Zabrieski, 2003). Survival instinct tiap anggota keluarga biasanya muncul saat kita berpergian bersama. Jadi keluarga dapat saling menolong supaya liburan terasa menyenangkan

 

2. Bagi anak, Liburan akan membentuk memori tidak terlupakan

Masa liburan biasanya anak memiliki banyak bonus, seperti bisa makan es krim, bermain bebas, atau mendapat melihat situasi baru. Hal ini sungguh menyenangkan bagi anak. Pengalaman positif ini dapat menjadi bahan refleksi anak di kala membutuhkan bantuan dalam mengelola rasa sedih atau rasa takut di kemudian hari.

 

3. Bagi orang tua, dengan mengajak anak berlibur merupakan investasi yang lebih menguntungkan daripada membelikan mainan.

Penelitian menyebutkan bahwa efek bahagia saat liburan akan bertahan lebih lama pada memori anak dibandingkan sebuah mainan yang dibelikan.

 

4. Liburan dapat mengembangkan kemampuan kognitif anak. 

Anak akan belajar dalam menghadapi situasi yang baru dan tempat baru sehingga mengasah kemampuan kognitifnya dengan melihat dari perspektif yang berbeda. Membuka mata anak dengan pengalaman baru berarti memperkaya wawasannya.

 

5. Mengembangkan indera sensori anak. 

Pilihan liburan untuk pergi ke pantai atau ke gunung, dapat dijadikan kegiatan di alam supaya anak belajar  dengan tekstur baru, misalnya merasakan kasarnya pasir di pantai, menghirup bau tanah saat jalan-jalan di kebun teh, atau belajar merespon sensasi yang berbeda antara tempat liburan yang panas/dingin.

 

Ternyata berlibur bersama keluarga memiliki banyak manfaat ya. Jangan lupa, BuBu melibatkan anak dalam perencanaan perjalanan ya! Selain anak merasa dilibatkan, anak juga belajar mengambil keputusan. Selamat liburan!