Apa Istimewanya Menjadi Seorang Ibu?


Ketika seorang wanita tahu ia akan menjadi calon ibu, biasanya ada berbagai perubahan yang terjadi pada dirinya. Tak hanya fisik, tapi juga relasi dengan suami serta kebutuhan emosional. Agar BuBu siap menghadapi perubahan tersebut, kenali yuk tantangan-tantangan yang ada! Ini dia beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum menghadapi kelahiran bayi:

 

1. Tuntutan dalam mengasuh anak

BuBu dan Ayah dapat berdiskusi di awal mengenai tuntutan dalam pengasuhan anak, mengetahui newborn cenderung memiliki siklus yang cepat untuk kebutuhan dasar: menyusui-tidur-BAB, hingga mengatur ulang prioritas kegiatan di rumah sesuai dengan siklus baru ini.

 

2. Kelelahan dan moodswing di minggu awal setelah melahirkan

Ketika baru melahirkan, beberapa minggu pertama BuBu akan merasa sangat lelah dan moody juga perlu mengatur waktu tidur untuk mengakomodasi kebutuhan bangun tengah malam. Cukup tidur sangat penting bagi BuBu agar bisa menjaga kesehatan mental dan fisik.

 

3. Kehidupan sosial setelah punya anak

Dalam masa transisi menjadi orang tua baru, terkadang BuBu merasa kehilangan kesempatan sosialisasi. Nah, penting bagi BuBu untuk melihat siapa saja support system di sekitarnya, selain itu, BuBu juga bisa mengikuti playdate 28 Desember 2018.

 

Selain mengenali tantangan, jangan lupa menikmati perbahan yang ada juga ya Bu. BuBu perlu pasang strategi untuk bersenang-senang di waktu singkat. Misalnya, menikmati mandi 30 menit penuh ketika bayi ada yang menjaga atau berjalan berdua pasangan keliling komplek menikmati udara sore saat si kecil dijaga Oma. Hal ini penting agar BuBu tetap memiliki kesehatan mental yang baik.

Oh iya Bu, jangan lupa merayakan kelahiran si kecil ya! Walau jam tidur berkurang, bentuk tubuh berubah, kehidupan sosial terbatas, tapi BuBu melahirkan sesorang anak yang siap belajar banyak dari BuBu, memandang kagum, dan selalu merasa BuBu-nya adalah BuBu terbaik! Thank you for being you, BuBu!